iklan banner

[KKN PPM UGM 2015] 6 JULI 2015: PENERIMAAN KKN PPM UGM 2015 DI KECAMATAN NGEMPLAK

6 Juli 2015
Upacara penerimaan KKN PPM UGM periode antarsemester 2015 SLM-09 di Kecamatan  Ngemplak. 30 Mahasiswa peserta KKN diterima secara langsung oleh Camat Ngemplak dan dihadiri DPL, Kepala Dukuh Malangrejo, serta Kepala Bagian PSDM Kecamatan Ngemplak.









Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) yang bersifat wajib bagi seluruh mahasiswa Universitas Gadjah Mada berpegang pada beberapa prinsip dasar:
  • Keterpaduan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi;
  • Empati-Partisipatif; Interdisipliner;
  • Komprehensif-Komplementatif dan berdimensi luas;
  • Realistis-Pragmatis;
  • Environmental development;
Selain sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, KKN-PPM juga membawa banyak dampak positif bagi pengembangan karakter mahasiswa peserta KKN-PPM itu sendiri.

Tim KKN PPM UGM 2015 Antarsemester SLM 09 Ngemplak, ditugaskan untuk mengabdi di tiga dusun: Dusun Jetis, Dusun Malangrejo, dan Dusun Tegalsari dengan jumlah 30 orang mahasiswa.
Mengikuti KKN-PPM UGM 2015 Antarsemester, saya ditugaskan di Dusun Jetis, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dalam waktu dua bulan bersama sepuluh orang rekan dari berbagai bidang ilmu. Tema utama yang diangkat dalam program kerja KKN PPM SLM 09 Ngemplak adalah ‘Pendidikan Informal dan Nonformal untuk Generasi Muda’ yang bertujuan untuk pengembangan karakter dan ilmu melalui pendidikan di luar sekolah. Program-program yang telah dilaksanakan sangat beragam dengan target anak-anak balita sampai remaja.

Beberapa program tambahan non-tema juga dilakukan atas kebutuhan warga setempat serta masukan dari para perangkat pedukuhan, seperti pembuatan website, brosur, publikasi, pembuatan plang dan penanda jalan, dsb.

Previous
Next Post »